Sabtu, 1 September 2012

Khasiat Tomato


Khasiat dan manfaat tomato luput dalam pencarian saya. Kini saya berburu informasi tentang khasiat dan manfaat tomato. Hal ini atas saran dokter gigi dalam mengantisipasi benjolan di gusi.

So, mulai deh googling sana googling sini, mencari tentang khasiat dan manfaat tomato, buah ranum yang menggoda ini.

Memang sejak jaman nenek moyang dulu (hehe, segitunya..) saya hanya tahu manfaat tomato sebatas kulit luarnya saja, tomat mengandung vitamin c dan bisa mengatasi sariawan. Sudah, cuma segitu. Ternyata jika kita telusuri lebih jauh, tomato memiliki khasiat yang lebih luar biasa lagi.

budiboga.blogspot.com/2008/02/menguak-manfaat-tomat.html. Isinya membahas tentang khasiat dan manfaat tomat sebagai antioksidan.

Saya menulis soal manfaat tomato karena saat ini mulai mengkonsumi tomato murni. Biasanya sih tomato hadir tercampur dalam hidangan makanan, yang sifatnya kadang-kadang saja terkonsumsi. Hal ini terinspirasi oleh seorang teman dari Ecuador (Daniella) yang tiba-tiba beli tomato banyak banget di pasar candi kuning, sebelum singgah di Subaya, Kintamani.
Ternyata tomato itu dimakan mentah. Saya mencoba, dan humm, not bad, seger nya mak nyes.

Peristiwa itu sudah 2 minggu lalu sih. Tadi mampir ke Makro dan mau cari buah untuk team saya di Bali Orange Communications. Pandangan mengarah ke tumpukan tomat merah ranum dan lumayan besar ukurannya. Langsung saja ambil 2 kilo. Sampai di kantor, rencananya malam ini mau migrasi beberapa akun hosting ke server baru. Sambil transfer backup, irisan tomat itu saya tutul kan ke bumbu (gula, garam, dan merica). Wuuaaah pemirsa … mak nyes rasanya hahahaha. Seger euy, jadi bersemangat. Kemudian, saya coba browsing mencari artikel manfaat tomato. Ketemu deh, dan gak ada salah nya saya posting kan sekalian.

Hampir semua orang mengenal tomato (Licopersicum esculentum). Buah yang tanpa kenal musim ini ternyata mengandung beragam nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Beragam penelitian menunjukan, tomato bermanfaat untuk kesehatan jantung serta penangkal radikal bebas.

Banyak varietas buah tomat, seperti tomat buah yang berukuran besar, tomato sayur dengan ukuran lebih kecil dan tomat ceri yang hanya sebesar kelereng. Apapun jenisnya, tomato mengandung unsur gizi yang hamper sama, yakni kaya akan vitamin A, vitamin C, mineral, serat dan zat fitonutrien.

Khasiat dan manfaat tomato


Kaya Antioksidan
Keisitimewaan lain buah tomato adalah tinginya kandungan likopen. Selain memberikan warna merah pada buah tomat, likopen terbukti efektif sebagai zat antioksidan. Likopen juga dapat menurunkan risiko terkena kanker, terutama kanker prostat, lambung, tenggorokan dan usus besar. Kandungan asam klorogenat dan asam p-kumarat di dalam tomat mampu melemahkan zat nitrosamin penyebab kanker. Vitamin A yang terkandung di dalam tomat sangat baik untuk kesehatan mata.

Tomato juga banyak dimanfaatkan di dalam industri kecantikan, banyak masker dan pil anti penuaan yang berbahan dasar tomat. Bukan tanpa alasan, pigmen likopen memang terbukti efektif sebagai antioksidan. Zat lain seperti tomatin di dalam tomato bersifat sebagai antiinflamasi, yaitu dapat menyembuhkan luka dan jerawat. Jika Anda demam, tomato juga mempunyai sifat antipiretik alias penurun demam. Sementara serat yang tinggi di dalam tomato mampu mengatasi ganguan pencernaan seperti sembelit dan wasir.

Cegah Penggumpalan Darah

Manfaat tomato sebenarnya sudah di teliti sejak lama, seperti penelitian DR. John Cook Bennet dari Wiloughby University, Ohio, yang dilakukan pada November 1834. Hasil penelitiannya menunjukkan tomat dapat mengobati ganguan pencernaan, diare, memulihkan fungsi lever dan serangan empedu. Peneliti lain dari Rowett Research Institute di Aberdeen, Skotlandia, menemukan gel berwarna kuning yang menyelubungi biji tomato dapat mencegah penggumpalan dan pembekuan darah penyebab stroke dan penyakit jantung. Tomato juga mampu memulihkan lemah syahwat dan meningkatkan jumlah sperma serta menambah kegesitan gerakannya.


Likopen merupakan bagian dari karotenoid yang larut dalam lemak, namun likopen yang larut di dalam lemak justru sulit di serap oleh tubuh. Mengkonsumsi sebaiknya pilih yang tomato organik. Tomato organik lebih sehat karena bebas dari residu kimia, baik dari pupuk dan pestisida. Tomato dari hasil organik juga lebih tinggi kandungan kalsiumnya, sekitar 23 mg dibandingkan tomato bukan organik yang hanya mengandung 5 mg kalsium. Teks & Foto: Budi Sutomo

Tabel Kandungan Gizi Tomato/100 g

Tomato Masak
Kalori 20 kal
Protein 1.0 g
Lemak 0.3 g
Karbohidrat 4.2 g
Kalsium 5 mg
Vitamin A 1500 SI
Viamin C 40 mg

Sumber: Daftar Komposisi Bahan Makanan. Depkes (1979).

Lebih jauh blognya iwanudin di sini blog.iwanudin.com/khasiat-dan-manfaat-tomat merinci manfaat tomat sebagai berikut:

  • Membantu menurunkan resiko gangguan jantung.
  • Menghilangkan kelelahan dan menambah nafsu makan.
  • Menghambat pertumbuhan sel kanker pada prostat, leher rahim, payudara dan endometrium.
  • Memperlambat penurunan fungsi mata karena pengaruh usia (age-related macular degeneration).
  • Mengurangi resiko radang usus buntu.
  • Membantu menjaga kesehatan organ hati, ginjal, dan mencegah kesulitan buang air besar.
  • Menghilangkan jerawat.
  • Mengobati diare.
  • Meningkatkan jumlah sperma pada pria.
  • Memulihkan fungsi lever.
  • Mengatasi kegemukan.


Diolah, Menjadi Lebih Baik
Berbeda dengan sayuran lainnya yang lebih bermanfaat jika dimakan mentah-mentah, ternyata tomat lebih baik dicampur dengan masakan atau dihancurkan sebelum dimakan. Para peneliti menemukan lycopene yang dikeluarkan pada tomat tersebut lebih banyak dibandingkan dengan tomat yang langsung dimakan tanpa diolah terlebih dahulu. Sayangnya, meskipun kandungan lycopennya berlimpah, pasta tomat dan saus tomat yang dijual dipasaran sudah banyak dibubuhi bahan tambahan makanan seperti pewarna atau pengawet sintetis. Bahan tambahan ini justru merangsang munculnya banyak radikal bebas yang memicu kanker.

Memang, manfaat tomat yang luarbiasa ini menjadikan saya tergila-gila untuk lebih menyukai buah ranum yang menggoda ini.

Khasiat dan manfaat tomato.

Read more: http://www.obatherbalalami.com/2011/08/khasiat-dan-manfaat-tomat.html#ixzz1xmEHx8wF





 

Tiada ulasan:

Catat Ulasan

Nota: Hanya ahli blog ini sahaja yang boleh mencatat ulasan.