Sabtu, 1 September 2012

sarang semut @ Myrmecomedia pendens


sarang semut  @ Myrmecomedia pendens
Kapsul sarang semut ini terbuat dari bahan baku pilihan asli Papua dan diproses secara higienis. Kualitas terjamin. serta bermanfaat untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Perlu diketahui bahwa sarang semut merupakan salah satu tumbuhan epifit dari hidnophytinae ( Rubiaceae ) yang saling berkerjasama dengan semut dan dikatakan bersifat epifit karena tumbuhan ini menempel pada tumbuhan lain tetapi tidak hidup secara parasit pada inangnya, sehingga hanya sebagai tempat menempel saja. Kelompok tumbuhan itu terdiri atas dua genus yakni Myrmecodia dan Hydnophytum, dengan belasan spisies. Umbi kedua jenis tumbuhan anggota family Rubiaceae itu menggelembung dipenuhi duri tajam. Di dalam umbi itu terdapat labirin yang dihuni oleh semut dan cendawan. Daging umbi tanaman itulah yang diiris tipis-tipis, kemudian dijemur, dan dikemas dalam plastik lut sinar untuk dijadikan ramuan.
 
Secara tradisi, sarang semut biasa digunakan sebagai tanaman obat oleh masyarakat pedalaman di bagian barat Wamnena, Papua. Suku-suku di Bugondini dan Tolikara lazim memanfaatkannya untuk mengatasi reumatik dan asam urat. Sarang semut sebenarnya mengandung flavonoid dan tanin. Flavonoid berfungsi sebagai antioksidan, yang bisa mencegah sekaligus mengatasi serangan kanser. Mekanisme kerja Flavonoid dalam mengatasi kanser dengan membuat karsinogen tidak aktif, penghambat siklus sel, dan induksi apoptosis. Disamping itu, ia juga mengandung tokoferol. Tokoferol mirip vitamin E, yang berefek antioksidan efektif. Tekoferol berfungsi sebagai antioksidan dalam menangkal radikal bebas bebas dan sebagai antikanser.

Dilihat dari kandungannya, maka sarang semut, menurut penelitian, hampir bisa mengatasi berbagai jenis kanser. selain itu juga bisa digunakan untuk mengobati penyakit jantung dan kebocoran jantung.
Dalam banyak kasus flavonoid berperan langsung sebagai antibiotik dengan mengganggu fungsi mikroorganisme seperti bakteria atau virus. Senyawa flavonoid terkandung dalam serbuk maupun ekstrak air sarang semut.

Ruj : http://pernikmuslim.com/kapsul-sarang-semut-p-772.html

 

Tiada ulasan:

Catat Ulasan

Nota: Hanya ahli blog ini sahaja yang boleh mencatat ulasan.