Selasa, 18 Disember 2012

Kentang



Para ilmuwan telah menemukan cara untuk membuat kentang sehat, yaitu dengan dialiri aliran elektrik. Menurut temuan mereka, sayuran yang dialiri aliran elektrik akan membuatnya lebih bergizi. Kentang dengan daya elektrik akan menghasilkan embusan antioksidan yang dapat menjaga kesehatan tubuh dan otak.

Di angkat ke tingkat industri, proses ini tampaknya akan lebih murah dan dapat memberikan kesan baru. Uji coba lain dalam penelitian yang sama menemukan bahwa dengan menggunakan ultrasound pada kentang dapat memberikan manfaat serupa. Peneliti Kazunori Hironaka mengatakan bahwa antioksidan yang ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran gizinya sangat penting dalam mencegah berbagai penyakit kronis, seperti kanker, jantung, diabetes, dan penyakit saraf.

Dr. Hironaka melakukan penelitian lebih jauh karena terinspirasi oleh observasi bahwa kekeringan, fibrilasi, stres dan tantangan alam lainnya menyebabkan sayuran menghasilkan lebih banyak antioksidan.

Dia menemukan bahwa belum pernah dilakukan riset yang bermanfaat bagi kesehatan dengan menggunakan mekanikal proses pada sayuran stres. "Kami memutuskan untuk mengevaluasi efek ultrasound dan treatmen elektrik pada antioksidan kentang," ujar Dr. Hironaka dari Universitas Obihiro, Jepang.

Kentang utuh yang dicelupkan ke dalam air, dirangsang dengan aliran kecil hingga setengah jam. Uji coba ini menunjukkan bahwa tingkat antioksidannya meningkat hingga 60 persen. Dr. Hironaka mengatakan, penelitian tersebut menunjukkan bahwa proses 'non-destruktif' ini merupakan cara mudah dan murah untuk membuat salah satu makanan favorit kita lebih bermanfaat.

"Kentang adalah salah satu makanan paling penting peringkat - lima yang dikonsumsi manusia di seluruh dunia," tambahnya. Namun, Dr. Hironaka tidak menjelaskan apakah proses ini dapat atau tidak mempengaruhi rasa. Untuk sekarang ini mungkin kentang rebus dan kentang panggang merupakan pilihan paling baik bagi kesehatan.

Seorang juru bicara Potato Council mengatakan, bahwa ada banyak contoh lain dengan penggunaan ultrasound dalam meneliti pengolahan makanan, sehingga ada beberapa potensi untuk menerapkannya guna meningkatkan kandungan antioksidan dalam kentang."

"Kentang berwarna memiliki kandungan antioksidan lebih tinggi, terutama kentang ungu. Semua kentang adalah pilihan yang nikmat dan sehat, alami tanpa lemak, sumber vitamin C, B1, B6 dan Folat," jelasnya. (Erabaru/DM/sua)

 

Baca Lagi .....

§  27-01-2012 - Teh Merah dan Manfaatnya

§  08-09-2010 - Fungsi Mujarab Minyak Zaitun




 

Tiada ulasan:

Catat Ulasan

Nota: Hanya ahli blog ini sahaja yang boleh mencatat ulasan.