Sabtu, 7 Julai 2012

Waspada Ubat Gigi



Waspada Ubat Gigi


Sejak dulu, pasta gigi erat sekali kaitannya dengan fluoride, salah satu zat kandungannya yang dibutuhkan bagi pertumbuhan dan kesehatan gigi. Fluoride yang banyak digunakan adalah jenis sodium monofluoro sulfat atau sodium fluoride, yang memiliki kadar 250-800 ppm. Di dalam fluoride terdapat fluor yang berfungsi sebagai deterjen yang membersihkan permukaan gigi dan memberi rasa segar pada mulut. Ada juga sodium bikarbonat dan baking soda yang berfungsi mengurangi keasaman plak dan mencegah pembusukan. Dan dalam flouride terkandung pula zat pemutih dan pemberi rasa/aroma. Dengan beberapa kandungan tersebut, fluoride melapisi struktur gigi dan melindunginya dari proses pembusukan. Unsur kimia dalam fluoride juga berfungsi mengeraskan email gigi.

Namun,
fluoride juga memiliki efek sampingan yang harus diwaspadai. Menurut sejumlah gelintaran susastera, fluoride dalam kadar berlebih justru dapat berakibat sebaliknya, yakni menyebabkan gigi keropos. Timbunan fluoride dalam tubuh yang terjadi karena sering tertelan saat menyikat gigi juga dapat memicu osteoporosis, kerusakan sistem saraf, melimpahnya air ludah, berkurangnya ketajaman indra perasa di sekitar mulut, mengganggu sistem pernapasan, bahkan memicu kanker. Karena itu, pemerintah mengimbau industri pasta gigi untuk menggunakan fluoride dalam kadar yang tidak lebih dari 500 ppm pada setiap tube produk mereka.
Kata Kunci artikel:
P/S : Paling bagus tumbuk je cengkih jadi serbuk dan jadikan ia sebagai ganti ubat gigi… Satu lagi; hancurkan arang dari tempurung kelapa dan buat sebagai ubat gigi lebih selamat dari Fluorida dan juga ubat gigi berperisa lagi berpewarna yang mengandungi banyak sekali bahan kimia berbahaya !!! 

Tiada ulasan:

Catat Ulasan

Nota: Hanya ahli blog ini sahaja yang boleh mencatat ulasan.