Jumaat, 1 Mac 2013

Sup sirip ikan yu beracun bebas dijual



Mona Indriyani

Jum'at, 11 Januari 2013, 10:42 WIB

VIVAlife - Di China, selama berabad-abad, sirip ikan yu dipercaya mengandung zat yang penuh manfaat. Meski begitu, kontroversi seputar sajian lezat ini juga terus tetap berputar. Mulai dari dampak negatif kesehatan hingga yu yang telah menjadi hewan yang dilindungi.

Sebuah laporan investigasi oleh stasiun berita Focus CCTV Cina menunjukkan, banyak restoran di Beijing, Guangdong, Zhejian dan Fujian menjual sup sirip ikan yu tiruan. Sirip buatan ini diracik dengan campuran kacang hijau, gelatin, natrium dan berbagai bahan kimia lainnya. Bentuknya pun tak jauh beda dengan sirip yu asli. Laporan berita tersebut juga menyimpulkan, 40 peratus sup sirip ikan yu yang dijual di China adalah palsu.

Melansir Huffington Post, sup sirip ikan yu adalah sajian popular Negeri Tirai Bambu yang telah dinikmati sejak berabad-abad lalu. Sajian ini juga tergolong santapan mewah dan hanya disajikan saat acara khusus. Bukan masalah cita rasa, tapi bahan kimia yang digunakan mengancam kesehatan penikmatnya. Sirip palsu ini mengandungi racun dan berakibat buruk pada paru-paru dan organ tubuh lainnya. Mungkin inilah yang membuat banyak orang beranggapan sup sirip ikan yu bahaya bagi kesehatan.

Di AS, sup sirip ikan yu adalah bahan kontroversial dengan berbagai alasan. Banyak yu yang diburu mengakibatkan ikan tersebut terancam punah, sehingga penangkapannya dimasukkan dalam tindak kejahatan. Uni Eropa juga telah melarang praktek penangkapan ikan yu.

 

Tiada ulasan:

Catat Ulasan

Nota: Hanya ahli blog ini sahaja yang boleh mencatat ulasan.