Jumaat, 1 Mac 2013

perhatikan NOMBOR pada plastik



 

February 17, 2013 by: Dipankara

Anda pasti sering memakai kemasan dari plastik, baik untuk minum, makan maupun tempat peralatan  lainnya. Pernahkan menggunakan  kemasan plastik yang kita beli, terutama botol minuman untuk diisi lagi dengan air minum di rumah ?Sebelum menggunakan itu ada baiknya  memperhatikan tanda segitiga pada bagian bawah kemasan. Itu menentukan tingkat keamanan dan pakai ulang dari kemasan plastik. Ayo kita kenali label pada kemasan plastik, totalnya ada 7 nombor yang harus kita perhatikan.

 

1. Plastik dengan Kod  Nombor 1

Kalau kita membeli botol minuman, coba lihat tanda segitiga di bagian bawah botol. Pasti anda akan menemukan tanda 1 di dalam segitiga. Plastik dengan kode 1 atau PET (Polyethylene Terephthalate), biasa dipakai untuk botol kemasan air mineral, botol minyak goreng, jus, botol sambal, botol obat, dan botol kosmetik. Kode 1 menunjukkan botol tersebut untuk sekali pakai. Hal ini karena semakin lama digunakan maka bahan terlarutnya akan semakin banyak.

Ciri-ciri: Warna bening dan jernih

Peringatan: Hanya untuk sekali pakai dan bukan untuk air panas, jika sudah kotor atau kadaluarsa, maka harus dibuang

 

2. Plastik dengan Kod Nombor 2

Plastik dengan kode Nombor 2 diberikan untuk plastik yang terbuat dari  HDPE (High-density Polyethylene), biasanya dipakai untuk botol kosmetik, obat,  susu cair,  dan jerigen pelumas

Ciri-ciri: Warna putih susu

Peringatan: Hanya sekali pemakaian

 

3. Plastik dengan Kod Nombor 3

Kode ini diberikan untuk plastik yang terbuat dari PVC (Polyvinyl Chloride), merupakan zat yang sangat berbahaya. Biasa dipakai untuk pipa selang air, pipa bangunan, mainan, taplak meja dari plastik, botol shampo, dan botol sambal.

Peringatan:  Hati-hati! Jjangan membungkus makanan yang panas dan berminyak dengan plastik ini karena larutan bahannya  berbahaya bagi ginjal dan hati

 

4. Plastik dengan Kod Nombor 4

Plastik Nombor 4 diberikan untuk plastik yang berasal dari bahan LDPE (Low-density Polyethylene). Plastik ini biasa dipakai untuk kantong kresek, tutup plastik, plastik pembungkus daging beku, dan berbagai macam plastik tipis lainnya.

Ciri-ciri: lunak dan fleksible

 

5. Plastik dengan Kod Nombor 5

Plastik Nombor 5 diberikan untuk plastik yang berasal dari  PP (Polypropylene atau Polypropene), biasa dipakai untuk cup plastik, tutup botol dari plastik, mainan anak, dan margarine.

Ciri-ciri: berwarna putih tapi tidak jernih

 

6. Plastik dengan Kod Nombor 6

Plastik  dengan kode nombor 6 diberikan untuk plastik yang terbuat dari bahan  PS (Polystyrene) merupakan zat yang berbahaya bagi tubuh. Biasa dipakai untuk kotak CD, sendok dan garpu plastik, gelas plastik, atau tempat makanan dari styrofoam, dan tempat makan plastik transparan. Hal yang perlu diperhatikan adalah jika makanan berminyak dipanaskan dalam wadah ini, styrene (penyebab barah) dapat berpindah ke dalam makanan.

 

7. Plastik dengan Kod Nombor 7

Plastik dengan kode nombor .7 atau Other (O) merupakan jenis plastik lainnya selain dari no.1 hingga 6, biasanya untuk  botol susu bayi, plastik kemasan, dan gallon air minum. Plastik No.7 atau Other (O) dan jenis plastik lainnya selain dari no.1 hingga 6, yakni botol susu bayi, plastik kemasan, dan gallon air minum. Plastik No.7 ini termasuk Polycarbonate yang mengandung Bisphenol-A yang berpotensi merusak system hormon juga berbahaya bagi tubuh. Tetapi, ada juga bahan yang baik untuk lingkungan karena dapat diurai yang disebut bioplastik yang terbuat dari tepung jagung, kentang, tebu.Plastik No.7 ini termasuk Polycarbonate yang mengandung Bisphenol-A yang berpotensi merusak system hormon juga berbahaya bagi tubuh. Tetapi, ada juga bahan yang baik untuk lingkungan karena dapat diurai yang disebut bioplastik yang terbuat dari tepung jagung, kentang, dan tebu.

Menurut Ismariny, kepala bidang polimer rekayasa pusat teknologi material BPPT, plastik yang aman digunakan untuk dipakai ulang adalah plastik dengan Nombor kod 4 dan 5. Yang lainnya dipikir lagi untuk menggunakan manfaat ulangnya.

Sumber : Erabaru.net

Incoming search terms:



 

Tiada ulasan:

Catat Komen

Nota: Hanya ahli blog ini sahaja yang boleh mencatat ulasan.